Identitas Tionghoa Muslim Indonesia

Penulis: Afthonul Afif | ISBN: 978-602-99608-2-2 | Penerbit: Kepik | Ukuran: 15,5 x 24 | Halaman: 376 | Bahan: Book Paper

Tak jarang, warga Tionghoa Indonesia harus membayar mahal hanya untuk hidup di tanah airnya sendiri—menyandang citra-citra yang tak menyenangkan hingga dijadikan kambing hitam ketika situasi bergolak. Tetapi, mereka tak pernah berhenti berjerih-payah menegakkan identitasnya di Indonesia.Berbekal pisau analisis psikologi yang tajam namun empatik, Afthonul Afif mengajak kita untuk memahami apa arti keputusan warga Tionghoa Indonesia memeluk Islam. Dengan menapak tilas jejak keberadaan mereka di Nusantara, hingga membedah pergulatan hebat insan-insan Tionghoa Muslim pasca-Orde Baru, buku ini menyampaikan kepada kita temuan yang menyentuh; bahwa sejarah etnis Tionghoa di Indonesia adalah sejarah perjuangan mencapai identitas sosial yang positif.

“Menurut saya, pesan penting dari hasil riset lapangan Afif adalah bahwa Cina Muslim tidak homogen. Berbagai variasi muncul dan berkembang, sedemikian masifnya sehingga mereka tidak bisa dikatakan monolitik.”
HANNEMAN SAMUEL, SOSIOLOG UI

“Penulis buku ini melacak dan mengungkapkan tentang proses pencarian jati diri kaum Tionghoa sebagai warga Indonesia. Pelacakan ini penting sebagai upaya memetakan masalah integrasi nasional dan kontribusi agama Islam di dalam penumbuhan dan pengembangan nasionalisme.”

HALIM HADE, NETWORKER KEBUDAYAAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: